Kamis, 25 Juni 2015

Resep Pie Ikan Eropa Lezat

BAHAN-BAHAN
80 gram / ½ cangkir mentega
3 bawang merah dicincang halus
115 gram / 2 cangkir jamur kancing, dibelah dua
2 sendok makan anggur putih kering
900 gram kerang hidup, disikat dan dicuci
1 court-boullion (resep pada: masakan eropa rainbow trout rebus)
300 gram fillet monkfish, dipotong dadu
300 gram / fillet cod tanpa kulit, dipotong dadu
300 gram fillet ikan lidah tanpa kulit
115 gram udang tiger, dikupas
25 gram / ¼ cangkir tepung
50 ml / ¼ cangkir krim kental

TOPPING KENTANG
1,5 kg kentang, potong bentuk gumpalan
50 gram / ¼ cangkir mentega
2 kuning telur
120 ml / ½ cangkir susu
pala diparut
garam dan lada
daun seledri, untuk hiasan

1.      Untuk isi, caikan 25 gram mentega dalam pan penggorengan, tambahkan bawang merah dan masak selama 5 menit hingga lunak. Tambahkan jamur dan masak dengan api panas selama 2 menit. Tambahkan anggur dan masak hingga cairan menguap. Pindahkan ke dalam piring datar yang tahan dioven dan sisihkan.

2.      Letakkan kerang dalam mangkok besar dengan air untuk merendam cangkangnya, tutup dan masak dengan api panas selama 3-4 menit hingga semua kerang membuka. Buang kerang yang tetap menutup. Tiriskan, dan sempan air perebus. Jika cukup dingin untuk ditangani, buang cangkang kerang dan tambahkan ke dalam jamur.

3.      Didihkan court-boullion dan tambahkan monkfish. Rebus selama 2 menit sebelum menambahkan ikan cod, ikan lidah dan udang. Rebus lagi selama 2 menit. Pindahkan ikan ke dalam kerang dan jamur.

4.      Cairkan mentega yang masih ada dalam mangkok dan tambahkan tepung. Aduk hingga homogen dan masak selama 2 menit tanpa perubahan warna. Secara bertahap, aduk dalam court-boullion panas dan cairan perebus kerang hingga homogen dan mengental. Tambahkan krim dan masak selama 15 menit, aduk. Bumbui dan tuangkan di atas ikan.

5.      Sementara itu, buatlah topping. Didihkan kentang dalam air bergaram selama 15-20 menit hingga lunak. Tiriskan dan haluskan dengan mentega, kuning telur, susu, pala dan bumbu. Semprotkan sebagai topping dengan garpu, spatula, pada permukaan.


6.      Panggang pie ikan dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada 2000C / 4000F / , selama 30 menit hingga kuning dan berbusa. Sajikan langsung dari oven, dan beri hiasan daun seledri, siap untuk dihidangkan untuk 5 porsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar