Senin, 15 Juni 2015

Cara Membuat Amplang Ikan





Amplang Ikan Dapur Sarinah Indonesia
Amplang Ikan
Amplang adalah makanan ringan seperti kerupuk yang sudah sangat popular dan merupakan salah satu makanan khas oleh-oleh dari Kalimantan. Bahan utamanya adalah daging ikan yang diolah bersama tepung, telur, dan bumbu-bumbu.  Tepung yang umumnya digunakan adalah tepung sagu atau tepung tapioka, dengan ditambahkan, telur, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, gula, penyedap rasa, dan soda kue,  yang diaduk rata hingga homogen sampai adonan kalis dan mudah dibentuk/dicetak.  Selanjutnya digoreng dalam minyak dingin, hingga mengembang dan berwarna kuning kecoklatan, selama kurang lebih 20 menit. 




Amplang Ikan Dalam Kemasan Dapur Sarinah Indonesia
Amplang Ikan Dalam Kemasan
Bahan :
Lumatan daging ikan 250g
Tepung sagu/tapioka 250-270g
Daging Ikan 250g
Kuning telur 15,32g
Putih telur 13g
Bawang putih halus 10g
Garam 5,5g
Gula halus 18g
Penyedap rasa 2,5g
Soda kue 2,5g





Proses pengolahan :           

1.   Pelumatan daging: 
Daging ikan dilumatkan dengan menggunakan alat pelumat daging (grinder) atau dilumatkan secara manual dengan cara dicincang menggunakan pisau.

2.   Pembuatan lumatan rumput laut:
Daging ikan yang sudah lumat kemudian ditambahkan lumatan rumput laut, kuning telur, dan bumbu-bumbu  bawang putih halus, garam, gula, MSG, dan soda kue, kemudian diaduk hingga homogen.

3.  Pembuatan adonan:
Tambahkan tepung sagu/tapioka ke dalam adonan, sedikit demi sedikit, lalu  diaduk-aduk, dan dibanting-banting, hingga menyatu/homogen. Penambahan tepung dilakukan sampai adonan kalis.

5.  Pencetakan:
Adonan yang sudah kalis, dicetak, dipotong-potong aneka bentuk. Ada yang panjang, bulat, kotak, sesuai selera.

8.  Penggorengan:
Potongan amplang digoreng di wajan besar penuh berisi minyak dingin, dengan api yang besar,  terus diaduk-aduk hingga amplang mengembang. Setelah amplang mengembang api dikecilkan, dan terus diaduk hingga amplang berwarna kecoklatan dan dirasa cukup renyah, selama kurang lebih 20 menit. Catatan : Apabila setelah amplang diangkat dari penggorengan, tapi dirasa kurang renyah setelah dicicipi, dapat digoreng kembali.

9.  Pengemasan:
Amplang dikemas sesuai kebutuhan, 250 - 500g tiap kemasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar